Cara Belajar Coding Secara Otodidak

Jika beberapa tahun yang lalu kemampuan menggunakan internet menjadi salah satu kebutuhan sekaligus nilai jual lebih bagi seorang pekerja, maka kini kategori itu sudah semakin meningkat di mana coding juga turut menjadi pertimbangan dalam dunia kerja terutama bagi anda yang ingin menjadi seorang teknisi atau staff IT di sebuah perusahaan.

Tingginya kebutuhan akan coding itu sendiri seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan programmer di perusahaan yang hampir semuanya kini turut menjajaki dunia digital, terlebih saat dunia memasuki masa pandemic yang membuat seluruh perusahan mulai mengoperasikan aktivitasnya secara online dan sejak saat itulah jasa programmer semakin dibutuhkan.

Meski begitu, bukanlah hal mudah bagi semua orang untuk mempelajari tentang ilmu pemrograman, bahkan tak sedikit juga mahasiswa teknik komputer pun yang enggan mempelajarinya apalagi jika sudah bertemu dengan materi coding.

Padahal jika ilmu coding dikuasi dengan baik maka bukan hal yang sulit bagi seorang programmer untuk bisa meraup keuntungan besar melalui jasa yang ditawarkannya, bahkan cukup banyak juga para programmer yang membuka jasanya sendiri hanya dari rumah saja namun dengan klien yang tersebar dari seluruh dunia. menarik bukan?

Nah bagi anda yang kini sedang tertarik pada pemrograman dan ingin mulai belajar coding, berikut adalah beberapa cara belajar coding yang wajib anda ketahui.

Cara Belajar Coding Secara Otodidak Untuk Pemula

Ketahui konsep dasarnya

Sebagai seorang pemula maka menjadi suatu keharusan bagi anda untuk mempelajari segala sesuatu dari dasarnya, sama halnya ketika anda belajar coding di mana dasar – dasar tentang konsep coding itu sendiri harus bisa anda ketahui dan kuasai, tujuannya tentu agar nantinya anda tidak perlu lagi mengulang semua materinya kembali hanya karna tidak mengetahui tentang konsep dasar tersebut.

Adapun beberapa konsep dasar coding antara lain;

  • Originating (proses pengumpulan data)
  • Input (memasukkan data dalam perangkat)
  • Process (penghitungan, perunutan, dan pengelompokan)
  • Output (kemunculan data dari suatu proses)
  • Distribution (penyebarluasan hasil perolehan data)

Fokus pada satu bahasa pemrograman

Dalam dunia coding, terdapat cukup banyak bahasa pemrograman yang biasa digunakan sampai saat ini, beberapa di antaranya mungkin akan cukup terkesan sulit bagi anda namun belum tentu juga dengan yang lain karna pastinya dari sekian banyak bahasa pemrograman pastinya akan ada satu yang paling mungkin untuk anda pelajari.

Maka dari tu tentukanlah hanya satu saja bahasa pemrograman yang anda ingin pelajari, jangan memecah fokus anda dengan belajar pada banyak bahasa pemrograman karna itu justru yang akan membuat anda kesulitan sendiri. Misalnya seperti html atau yang lainnya yang dirasa paling cocok dengan tujuan anda serta pastinya harus bisa anda pahami walau hanya sedikit, namun tetap fokuslah hanya pada satu bahasa pemrograman itu saja.

Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menguasai bahasa pemrograman seperti yang anda inginkan sebelumnya, coding tentu akan menjadi hal baru dalam hidup anda yang bisa memberikan manfaat besar pada anda.

Tidak overtime

Bagi pemula, mempelajari hal baru pasti sangatlah menyenangkan apalagi jika itu merupakan bahasa pemrograman yang mungkin selama ini anda inginkan. Tapi ketahuilah bahwa belajar coding tanpa mengenal waktu justru akan membuat anda lebih mudah bosan dan kehilangan konsentrasi dalam belajar, ujung – ujungnya anda sendiri yang malah mudah lupa terhadap materi yang baru saja anda pelajari tadi.

Maka dari itu, hindarilah untuk belajar dengan waktu berlebih dan tetap belajar dengan porsi anda, sesuaikan dengan kemampuan anda, dan pastinya selalu belajar coding sesuai dengan level yang dibutuhkan. Ingatlah bahwa anda tidak akan menjadi programmer handal hanya dalam waktu semalam, akan selalu ada proses yang menyertai kesuksesan anda dalam belajar coding.

Dengan demikian maka aturlah porsi belajar anda sesuai dengan jadwal belajar yang cukup, misalnya seperti mempelajari konsep dasar selama 1 jam setiap harinya selama seminggu, lalu dilanjut lagi dengan materi yang lebih kompleks di kesempatan berikutnya.

Mulai praktek

Tidak cukup hanya dengan mempelajari teorinya saja, melakukan praktek terhadap materi yang telah anda pelajari juga menjadi salah satu tahapan yang wajib dilakukan oleh semua orang saat belajar coding. Bagaimana pun juga coding merupakan suatu bahasa yang harus dibiasakan dengan cara praktek agar anda bisa lebih cepat dalam menguasainya, untuk itu anda bisa mulai mencoba menerapkan ilmu yang telah anda dapat tadi misalnya dengan membuat sebuah aplikasi sederhana atau pun tampilan website yang anda inginkan.

Tentu saja semua itu butuh proses dan tak jarang kesalahan bisa anda temukan sepanjang masa praktek tersebut, namun dengan begitu maka anda akan mengetahui apa kesalahan dan bagaimana cara mengatasinya ketika sudah menemukan kendala dalam proses belajar anda.

Praktik seperti ini juga bisa menjadi sarana bagi anda untuk terus mengasah kemampuan anda dalam coding, membuat aplikasi atau pun website dalam jumlah yang banyak dan tampilan serta fungsi yang menarik akan semakin meningkatkan nilai jual anda dalam dunia pemrograman.

Terbuka dengan dunia luar

Seorang programmer akan cenderung untuk menutup diri atau malah jarang beredar di dunia nyata, padahal untuk menjadi seorang programmer yang handal dan banyak mendapatkan klien maka anda harus mau lebih terbuka dengan dunia luar.

Tidak hanya masuk dalam forum programmer untuk mendapatkan ilmu di dalamnya, tetapi anda juga harus mulai membiasakan diri dengan menjalin hubungan baik pada semua orang baik sesama programmer atau malah calon klien anda. Belajar dari meniru program maupun website orang lain juga bisa menjadi sarana belajar yang cukup efektif, anda tidak harus menirunya 100 persen karna anda tetap harus memiliki ciri khusus pada setiap karya anda.

Terus berlatih

Bukannya langsung merasa puas dengan ilmu yang sudah anda terapkan, tetapi teruslah haus akan ilmu tersebut karna dengan begitu maka anda akan selalu belajar banyak hal baru demi mengembangkan kemampuan anda dalam coding.

Anda bisa mengikuti kursus atau kelas online sendiri yang mempelajari tentang coding, ini mungkin akan membutuhkan biaya namun jika itu bisa menambah wawasan serta meningkatkan skill anda dalam pemrogramman maka rasanya aktivitas semacam itu akan menjadi hal wajib selama anda bergelut dalam dunia coding.

Terlebih dalam acara seperti itu biasanya terdapat seorang mentor atau trainer yang bisa memberikan masukan pada anda agar bisa menjadi seorang programmer yang lebih handal, selain bisa juga mencarikan klien yang tepat untuk project anda.

Itulah beberapa tips khusus bagi anda yang ingin belajar coding dengan lebih efektif dan hasil yang maksimal, anda bisa menerapkannya pada proses pembelajaran anda selama memulai belajar coding. Namun perlu diingat bahwa belajar sesuatu tentu membutuhkan proses dan anda harus bisa melalui semuanya agar bisa menjadi seorang programmer yang professional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *