Cara Mudah Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula

Dalam beberapa tahun terakhir muda mudi Indonesia tengah dilanda oleh demam korea, hal ini dikarenakan tren drama korea dan para artis kpop mengalami peningkatan bahwa bisa dibilang sangat meroket hingga ke seluruh dunia. mulai dari musiknya, lagu, hingga bahasa korea pun kerap terdengar di telinga kita, hal itu juga yang berdampak cukup baik terutama pada dunia edukasi yakni bahasa korea itu sendiri.

Bila kamu pernah mendengar bahasa korea maka sejatinya itu merupakan bahasa nasional yang digunakan oleh seluruh masyarakat di korea, termasuk korea selatan dan korea utara. Jadi, bila kamu bisa berbahasa korea maka artinya kamu tidak akan kesulitan ketika menjumpai atau malah mengunjungi kedua Negara tersebut.

Hal ini juga termasuk pada penulisan bahasa korea asli yang biasa dikenal dengan Hangul dan aksaranya yang disebut Sino Korea atau Hanja merupakan tulisan yang dipakai di seluruh korea, meski sebagian kecil masih dalam bentuk Hanja atau malah beberapa di antaranya juga diadaptasi dari bahasa mandarin.

Tingginya minat akan semua hal yang berbau korea nampaknya juga telah berdampak pada meningkatnya minat banyak orang di Indonesia untuk bisa turut mempelajari bahasa korea, beberapa lembaga bimbingan belajar bahasa korea juga kini mulai bermunculan di berbagai kota di Indonesia.

Nah bagi kamu yang sekarang sedang tertarik dengan korea dan ingin mempelajari lebih dalam tentang bahasa korea, maka pastikan kamu juga mengikuti beberapa tips dari kami agar kamu bisa lebih mudah dalam menguasai bahasa tersebut dan berikut di antaranya.

Cara Mudah Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula

Pelajari huruf Hangul

Mendengar bahasa korea pasti kamu sudah tak asing lagi, terlebih untuk beberapa kosakata yang sering muncul baik dalam film, drama, maupun lagu yang pasti sudah cukup kalian pahami dengan baik. namun yang cukup menyulitkan dalam belajar bahasa korea adalah pada variasi hurufnya itu sendiri, bagaimana pun juga penulisan bahasa korea tidak mengenal istilah alphabet atau huruf yang biasa kita pakaia, itu artinya kamu akan belajar banyak huruf baru yakni Hangul atau Hangeul. Sama seperti bahasa arab ketika kamu mengaji, maka belajar bahasa arab juga pastinya harus mempelajarai huruf hangul juga.

Memperbanyak kosakata

Mempelajari huruf Hangul juga bisa dibarengi dengan memperbanyak kosakata kamu sendiri, malah biasanya beberapa orang lebih mengenal lebih banyak kosakata ketimbang mengetahui bagaimana cara menulisnya dalam Hangul. Untuk memperbanyak kosakata itu sendiri kamu bisa memulainya dengan yang paling mudah misalnya seperti angka, frasa, hingga percakapan sederhana yang biasa kamu jumpai dalam film maupun drama korea.

Memperbanyak kosakata itu juga tidak terbatas pada suatu hal, kamu tetap bisa menambahkan atau mengkombinasi beberapa kosakata hingga membentuk suatu kalimat yang mungkin terdengar cukup akrab bagi kamu. Tapi perlu diingat bahwa belajar bahasa suatu Negara haruslah berani, artinya kamu jangan takut untuk salah atau keliru baik dalam menyusun kata atau pemilihan katanya. Semua orang asing pasti selalu mengalami kendala dalam penyusunan grammar seperti ini, tapi percayalah bahwa orang asli korea pun tetap akan memaklumi atau memahami kalimat yang kamu buat tersebut.

Berlatih intens

Bagi kalian yang sudah mulai terbiasa atau mengerti tentang bahasa korea maka mempelajarinya saja tidaklah cukup, kamu harus terus sering berlatih menggunakan bahasa korea itu sendiri. Kamu bisa saja mengucapkan beberapa kalimat di depan cermin atau melatihnya dengan keluarga maupun teman, namun pastikan itu merupakan kalimat yang benar dan sudah kamu pelajari sebelumnya.

Melakukan latihan secara intens atau sering akan meningkatkan penguasaanmu pada bahasa korea sehingga kamu pun bisa semakin lancar tidak hanya saat mengucapkannya saja tetapi ketika menyusun kalimatnya, dengan begitu maka bahasa korea pun bisa lebih cepat kamu kuasai.

Hal yang sama juga tidak hanya berlaku pada latihan mengucapkan atau berbicara bahasa korea saja, tetapi kamu juga harus berlatih intens untuk menulis kalimat dalam huruf hangul, cara ini akan semakin mempercepat kamu dalam menguasai bahasa korea. Selain itu, membaca tulisan korea lebih sering juga turut memberi sumbangsih bagi kamu untuk semakin menguasai bahasa tersebut.

Menjadi mentor

Mungkin ini masih terlalu jauh bagi kamu tapi yang dimaksud di sini adalah menjadi mentor bahasa korea untuk keluarga atau teman dekatmu, artinya kamu bisa mengajari mereka tentang bahasa korea yang sudah kamu ketahui. Mulai dari cara menulisnya, memilik kosakata, hingga menyusun kalimat dengan baik dan benar.

Dengan mengajari orang lain pastinya kamu akan memiliki tekad yang lebih besar dengan kemauan yang lebih besar pula, dengan begitu maka kamu bisa berlatih sekaligus melatih orang lain untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi mereka.

Cara ini terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan penguasaan kamu pada bahasa korea, sehingga berbicara dalam bahasa korea pun akan semakin fasih bahkan kamu mungkin akan terdengar seperti seorang warga korea sungguhan jika kamu sudah mulai berani untuk mengajari orang lain berbahasa korea.

Tambahkan motivasi

Semangat belajar bisa datang dari apa saja, kamu mungkin mulai tertarik dengan bahasa korea karna kebudayaannya atau malah karna artis kpop idolamu yang selama ini telah menginspirasi kamu untuk belajar bahasa korea. Inilah yang seharusnya bisa menjadi sumber motivasimu untuk belajar bahasa korea, jadi tidak ada salahnya untuk menempel poster artis kpop favoritmu agar kamu tetap semangat dalam belajar.

Jangan Menyerah

Dalam perjalanannya, kamu mungkin akan menemui kejenuhan saat belajar bahasa korea. Biasanya ini terjadi ketika kamu telah mengalami beberapa kendala baik dalam mengucap, menyusun, atau membaca kalimat dalam bahasa korea.

Namun tetap diingat bahwa belajar bahasa suatu Negara pastinya tidak akan berlangsung instan atau cepat, jangankan belajar bahasa Negara lain karna belajar bahasa daerah lain terkadang juga membutuhkan waktu hingga bertahun – tahun sampai dengan kamu benar – benar fasih dengan bahasa tersebut.

Maka dari itu tetaplah semangat untuk terus mempelajari bahasa korea sesuai dengan tekad kamu di awal, beberapa kendala pasti akan tetap dijumpai namun percayalah bahwa niat baik kamu dalam belajar pasti akan berbuah manis di kemudian hari ketika kamu telah benar – benar menguasainya dengan baik.

Itulah beberapa tips sukses belajar bahasa korea dengan mudah dan cepat ala kami, kamu bisa mencobanya mulai dari sekarang dan dapatkan manfaat luar biasa ketika kamu bisa lebih pandai dalam menguasai bahasa korea itu sendiri. Kamu bisa memamerkannya kepada teman, saudara, atau anggota keluarga lainnya saat kamu sudah mulai belajar atau malah menerapkan bahasa korea dalam keseharianmu.

Nonton film atau drakor tidak lagi membutuhkan subtitle Indonesia atau sub indo nantinya, kamu bisa langsung mengetahui jalan cerita dari film korea maupun drakor yang kamu tonton. Menarik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *