Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman Python

Di era digital ini pemrograman menjadi salah satu bidang yang sangat dibutuhkan, tak jarang perusahaan besar atau orang – orang yang ahli dalam pemrograman pun membuat start up masing – masing dengan keuntungan yang terbilang sangat menjanjikan. Hal itulah yang menjadi alasan banyak orang mulai tertarik untuk belajar coding, ujung – ujungnya bahasa pemrograman pun menjadi salah satu hal yang sangat menarik untuk dipelajari, salah satunya adalah Python.

Bahasa pemrograman python bisa dikatakan menjadi salah satu yang paling menjanjikan, alasannya tentu saja karna banyak perusahaan besar yang mulai beralih dengan mengandalkan basis datanya mengikuti dengan transformasi digital saat ini.

Peluang di dunia kerja pun semakin terbuka lebar bagi para programmer mulai dari yang pemula hingga professional sekalipun, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan lowongan pekerjaan sebagai it programmer dengan berbagai kriteria yang dibutuhkannya.

Dengan demikian, memiliki keahlian yang spesifik dalam dunia programing seperti menguasai bahasa pemrograman python pastinya akan memberikan anda kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan posisi yang bagus dalam bekerja, apalagi bila anda menyertakan keahlian tersebut dalam CV yang anda miliki.

Lalu apa itu python dan apa saja seluk beluk di dalamnya? Mari simak pembahasan singkat mengenai bahasa pemrograman tersebut agar anda semakin tahu dan sadar akan pentingnya Belajar bahasa pemrograman python, berikut di antaranya.

Pengertian Python

Python merupakan bahasa pemrograman interpratetif yang memungkinkan untuk bisa dipasang pada beragam jenis platform, terutama pada platform yang memiliki kemampuan baca terhadap kode. Bahasa pemrograman yang satu ini juga memiliki kaitan langsung dengan Data Science, Machine Learning, hingga Internet of Things yang membuatnya sangat fleksibel untuk diterapkan, namun biasanya para programmer akan menggunakan python sebagai bagian dalam pembuatan prototype, scripting, atau membuat situs tertentu milik perusahaan berskala besar.

Secara pasti, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang saat ini sedang banyak dibutuhkan, namun sayangnya orang yang mempelajari atau menguasainya masih sangat sedikit. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan kesulitan dalam mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, akhirnya gaji untuk membayar seorang programmer python pun sangatlah besar.

Salah satu penelitian juga menyebut bahwa 69 persen para pengembang data scientist dan machine learning telah aktiv dalam menggunakan Python sampai saat ini, bahkan di tahun 2019 lalu python juga sempat menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di seluruh dunia.

Kegunaan Mempelajari Bahasa Python

Mengulas bagaimana python itu diciptakan, tentu anda akan menyadari bahwa bahasa pemrograman yang satu ini cenderung lebih spesifik pada pengembangan situs web dan berbagai software, termasuk dengan otomatisasi tugas, analisis data, hingga visualisasi data tersebut.

Hal itulah yang membuat python dianggap lebih mudah untuk dipahami, maka tak heran jika semestinya python bisa dipelajari oleh lebih banyak orang dalam membantu menyelesaikan tugasnya sehari – hari meski tak menutup kemungkinan bagi programmer untuk mengembangkan python dalam keperluan lainnya. bagi anda yang penasaran, berikut adalah beberapa penerapan python yang biasa dilakukan oleh kebanyakan programmer dalam project yang dikembangkannya.

Machine Learning

Sebagaimana yang sudah sempat disebutkan di atas, salah satu manfaat yang biasa digunakan oleh python adalah untuk machine learning dan berbagai keperluan analisis data. Hal tersebut sangat memungkinkan karna para analis atau professional lainnya selalu melakukan penghitungan statistic kompeks yang disertai juga dengan visualisasi data itu sendiri, dengan demikian maka python sangatlah berperan besar dalam aktivitas tersebut.

hampir sama juga ketika python digunakan untuk membangun algoritme machine learning bersamaan dengan manipulasi data dan menganalisisnya, hingga penggunaan pada tugas lainnya yang berhubungan dengan data tersebut.

Scripting

Faktanya, tak hanya sekedar menjadi analis data atau machine learning saja, python juga memungkinkan untuk bisa digunakan dalam proses pengembangan scripting dan sistem otomatisasi data. Hal itu dikarenakan teknologi dalam python telah menghadirkan fitur dan kode unik yang mendukung proses kerja scripting serta perancangan sistem otomatisasi yang ada menjadi lebih mudah lagi, bahkan kerap kali python lebih dipilih oleh para programmer pemula ketika baru saja mulai belajar dalam dunia scripting.

Software tester

Dalam pengembangan software, python juga turut berperan besar dalam menemukan sekaligus menyelesaikan berbagai kekurangan yang terdapat di dalamnya, seperti mencari bug, membangun control, serta melakukan testing terhadap software tersebut.

Dengan adanya python inilah maka para pihak pengembang bisa lebih mudah dalam melakukan pengujian karna semua akan dilakukan secara otomatis melalui bahasa pemrograman yang satu ini, adapun beberapa fitur yang biasa digunakan dari python untuk dijadikan sebagai software tester antara lain meliputi Requestium dan Green.

Bahasa Pemrograman Yang di Nilai Paling Ramah

Tidak hanya mencakup berbagai hal di atas, nyatanya python juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan di luar dunia IT itu sendiri, hal inilah yang membuat python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dinilai paling ramah dan lebih bagus dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

harus diketahui bahwa python juga tidak hanya diperuntukkan dalam pekerjaan programmer atau data scientist saja, akan tetapi mempelajari python juga bisa mendatangkan potensi baru bagi anda yang berprofesi di luar dua bidang tersebut.

Apa sajakah itu? sebagai contohnya, anda bisa menggunakan python untuk membaca probabilitas pergerakan harga pasar saham dan crypto, pengingat untuk berbagai tugas penting anda setiap harinya, mengganti banyak nama file dalam waktu cepat, mengkonversi teks dalam file ke spreadsheet, mengisi formulir online secara otomatis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan memahami bagaimana python bekerja dan berbagai fungsi yang dimiliki oleh bahasa pemrograman tersebut, maka sudah pasti bahwa python bisa menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat dibutuhkan bahkan untuk jangka waktu yang lama. Ada banyak manfaat yang bisa ditemukan pada python dengan potensi besarnya untuk terus menjadi salah satu bahasa pemrograman terbaik dan mudah dipelajari oleh semua orang.

Itu artinya, bagi anda yang saat ini merasa bosan dengan pekerjaan yang sedang anda geluti atau sedang berencana untuk mencoba hal positive lainnya yang bisa memberikan manfaat besar dalam karir anda, maka python mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik dengan banyak potensi yang didatangkan oleh bahasa pemrograman ini. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh python yang meliputi kebutuhan akan bisnis dalam perusahaan, seperti pengembangan software sampai inisiasi dalam data science.

Itulah beberapa penejelasan singkat mengenai python sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik yang masih terus dibutuhkan manfaatnya oleh banyak perusahaan, pastinya mempelajari python akan memberikan manfaat yang besar bagi anda. Jadi, bagaimana dengan anda, maukah mulai bergerak sekarang dan mempelajari bahasa pemrograman python? Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *