Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah dan Cepat

Sebagai bahasa dunia, bahasa inggris memegang peranan penting dalam komunikasi antar Negara, bahkan tak jarang beberapa Negara di dunia pun telah menetapkan bahasa inggris sebagai bahasa pertamanya menggantikan bahasa daerah setempat atau bahasa yang biasa digunakan oleh Negara itu sendiri.

Kebutuhan untuk menguasai bahasa inggris pun kian meningkat terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini bahasa inggris benar – benar telah dibutuhkan, kamu pastinya juga membutuhkan bahasa pemersatu ini apalagi bagi kamu yang biasa berlibur ke luar negri atau memiliki teman di Negara lainnya dan harus menjalin komunikasi melalui bahasa inggris.

Tidak hanya itu, bahasa inggris juga sangat penting terutama bagi para pekerja yang ingin mendapatkan karir yang lebih baik, meski tidak semua profesi membutuhkannya namun setidaknya dengan menguasai bahasa inggris maka kamu akan memiliki cv yang lebih berbobot.

Karna kondisi itulah belajar bahasa inggris dirasa sangat penting, bahkan di Indonesia saja pendidikan bahasa inggris sudah mulai diberikan pada anak – anak di sekolah. Mengingat pentingnya belajar bahasa inggris maka kamu juga wajib untuk bisa menguasainya.

Namun untuk mencapai titik tersebut dibutuhkan usaha yang besar dan bagi kamu yang kini sedang tertarik untuk belajar bahasa inggris, berikut ini adalah beberapa tips bagi kamu dalam belajar bahasa inggris yang bisa kamu coba.

Beberapa Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Dengarkan lagu

Tips yang satu ini mungkin sudah kerap kali kamu praktekan dalam keseharianmu, mendengarkan music bagaimana pun juga merupakan aktivitas yang telah sering dilakukan oleh hampir semua orang. Kamu bahkan bisa jadi selama ini sudah cukup sering mendengarkan music, namun agar proses belajar bahasa inggris kamu jadi lebih menyenangkan dan efektif maka cobalah untuk mengubah aliran musikmu menjadi music dalam bahasa inggris.

Ada banyak artis atau musisi luar negri yang memiliki lagu keren malah tidak sedikit juga musisi Indonesia yang menggunakan bahasa inggris sebagai liriknya, itu artinya kamu tidak hanya sekedar mendengarkannya saja tetapi juga harus sambil membaca lirik tersebut.

Beberapa kali mengulanginya biasanya akan langsung bisa kamu hapal entah intonasi maupun pengejaan dalam bahasa tersebut, selain itu belajar menggunakan media audio seperti ini juga tidak membosankan yang berarti tidak memungkinkan juga bagi kamu untuk lebih menggemari rutinitas belajar bahasa inggris menggunakan music dan lagu seperti ini.

Nonton film

Tips belajar bahasa inggris yang menyenangkan lainnya adalah dengan menonton film dalam bahasa inggris atau film luar negri, ini juga pasti sudah sering kamu lakukan meski selama ini hanya sekedar menontonnya saja tanpa memahami dengan baik bagaimana actor dan aktris dalam film tersebut berakting.

Dengan menonton film luar negri yang berbahasa inggris maka kamu akan lebih mudah dalam menguasai konteks kalimat dalam bahasa itu sendiri, bahkan tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk bisa turut memahami bagaimana teknik pengucapan yang benar, termasuk dengan pemilihan kata yang tepat untuk situasi yang berbeda.

Tapi perlu diingat bahwa belajar bahasa inggris dengan menonton film bukan berarti kamu harus terus menontonnya setiap waktu, ingatlah untuk tetap mengerjakan tugas lainnya dan jangan terpaku hanya dengan menonton film saja.

Membaca buku

Yang satu ini mungkin cukup membosankan atau malah kurang menarik bagi sebagian orang, membaca memang sudah menjadi darurat di Indonesia. Namun bagi kamu yang ingin belajar bahasa inggris maka membaca buku menjadi suatu kewajiban yang tak bisa ditinggalkan, kamu tetap bisa mencari buku bacaan bertema cerita atau lainnya yang menggunakan bahasa inggris dalam jalan ceritanya.

Kamu bahkan bisa juga membaca komik yang menggunakan bahasa inggris karna dengan begitu membaca buku akan terasa lebih menyenangkan, namun pastinya kamu juga harus benar – benar memahami bagaimana jalan cerita dalam komik tersebut. Perlu diketahui juga bahwa membaca buku tidak hanya terpaku pada buku fisik saja, kamu tetap bisa membaca buku elektronik atau e-book melalui gadget yang kamu punya.

Bermain game

Meski yang satu ini terdengar kontradiktif dari tema belajar, namun bermain game pada faktanya juga bisa menjadi sarana bagi kamu yang ingin bisa belajar bahasa inggris. Banyak game atau malah pada umumnya game saat ini disajikan dalam bahasa inggris yang pastinya akan sangat menuntut kamu untuk bisa mempelajarinya sepanjang permainan, apalagi saat ini juga sudah banyak dikembangkannya game edukasi yang akan semakin membuat suasana belajar bahasa inggris menjadi jauh lebih menyenangkan.

Menulis bahasa inggris

Bagi kamu yang sudah cukup mempelajari bahasa inggris maka kini saatnya bagi kamu untuk turut mempraktekkan ilmu yang sudah kamu dapatkan tadi, belajar bahasa inggris juga harus disertai dengan menulisnya langsung baik sekedar kata, menyusunnya menjadi kalimat, hingga membuat suatu cerita yang menggunakan bahasa inggris.

Dengan cara ini kamu secara otomatis akan semakin memperkaya kosakata bahasa inggris yang kamu kuasai, apalagi ketika kamu menjumpai pengejaan bahasa inggris yang berbeda dengan penulisannya maka kamu sudah pasti akan semakin mahir dalam memahaminya.

Melakukan simulasi

Selain mempraktekannya dengan menulis, kamu juga harus mulai membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat dalam bahasa inggris. Jangan pernah ragu untuk berpura – pura seperti seorang bule yang lancar dalam berbicara, orang lain mungkin akan melihat kamu seperti dibuat – buat tapi yakinlah bahwa cara berbicara seperti itulah yang akan membuat suaramu terdengar seperti native speaker atau pembicara aslinya.

Untuk memulainya kamu bisa berbicara sendiri di depan cermin, atau merekamnya menggunakan kamera hp untuk kemudian bisa melihatnya kembali apakah sudah sempurna seperti bule aslinya atau masih terkesan sangat lokal. Sering – seringlah melakukan simulasi seperti ini karna dengan semakin sering berlatih maka kamu akan semakin mahir dan fasih dalam berbahasa inggris.

Cari teman bule

Di era digital seperti sekarang ini komunikasi nyatanya sudah semakin mudah lagi, tidak hanya untuk menghubungkanmu dengan orang – orang yang kamu kenal tetapi juga dapat mempertemukan kamu dengan orang asing yang berada jauh di luar negri. Kamu pasti sudah terbiasa menemukan orang asing dengan bahasa inggris di media sosial, nah inilah yang bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk bisa mulai berkomunikasi langsung dengan mereka.

Jalinlah pertemanan yang baik dengan bule manapun yang dianggap cukup ramah dan bisa menjadi partner yang baik dalam belajar bahasa inggris, dengan sering berkomunikasi baik dalam tulisan maupun telpon maka kamu secara tak langsung sudah mempraktekkan apa yang telah kamu pelajari selama ini.

Di awal mungkin kamu masih merasa kesulitan atau kurang percaya diri, tapi lambat laun kamu pun akan mulai terbiasa atau bahkan tidak lagi menganggap bahasa inggris sebagai bahasa asing yang sulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *